Analisis Penentuan Keputusan Investasi Perusahaan

Selamat datang di blog pelajaran akuntansi dalam topik pembahasan analisis penentuan keputusan investasi perusahaan, tulisan ini diambil dari berbagai sumber untuk tujuan pembelajaran akuntansi yang lebih memadai, berikut ini pembahasannya. Analisis investasi merupakan suatu cara untuk mengestimasi nilai investasi pada masa yang akan datang. Salah satu jenis investasi yang perlu dianalisis adalah investasi pada pasar modal, berupa saham, obligasi, atau derivatifnya. Ketiga jenis sekuritas ini merupakan jenis investasi yang berisiko, terutama saham dan derivatif. Analisis investasi pada pasar modal difokuskan pada penentuan risiko dan return. Berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam menganalisis investasi pada pasar modal adalah: analisis fundamental, analisis teknikal, penggunaan model-model penilaian sekuritas, serta penggunaan model-model keseimbangan, seperti capital asset pricing model. 

Pengertian investasi

Investasi merupakan suatu pengeluaran modal saat ini untuk megharapkan pengembalian atau hasil pada masa yang akan datang. Dengan kata lain investasi merupakan pengorbanan yang dikeluarkan investor pada saat ini agar mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang. Keuntungan yang akan didapatkan di masa yang akan datang (actual return) tidak akan selalu sesuai dengan keinginan investor (expected return).

Keputusan atas suatu investasi pada umumnya didasarkan pada pertimbangan investor terhadap besarnya return (pengembalian) yang diharapkan serta risiko yang diperkirakan akan dihadapi. Hubungan antara risiko dengan return bersifat positif artinya apabila risiko tinggi maka return yang diharapkan juga akan tinggi. Sebagai ilustrasi, apabila seorang detektif memiliki misi untuk membongkar suatu sindikat perampokan maka besarnya bayaran yang ditawarkan bergantung besarnya risiko yang akan dihadapi dalam menjalankan tugas.

Analisis investasi (investment analysis) dimaksudkan sebagai upaya untuk memperkirakan prospek suatu investasi di masa yang akan datang. Analisis ini sangat diperlukan dengan pertimbangan bahwa kondisi investasi masa yang akan datang bersifat tidak pasti. Hasil analisis investasi akan menjadi pertimbangan bagi para investor dalam mengambil keputusan atas investasinya. Analisis investasi meliputi (a) analisis fundamental, (b) analisis teknikal, (c) model-model penilaian sekuritas, (d) model-model keseimbangan.  



A. Analisis Investasi Analisis Fundamental

Analisis fundamental merupakan analisis yang dilakukan secara top-down yang mengasumsikan bahwa return sekuritas dipengaruhi oleh berbagai faktor fundamental, seperti faktor makro ekonomi, faktor industri, dan faktor kinerja perusahaan. Analisis fundamental merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan menganalisis suatu sekuritas. Menurut Jones tahun 2007 bahwa Fundamental analysis at the company level involves analyzing basic financial variables in order to estimate the company’s intrinsic value. Selanjutnya, Reilly dan Brown tahun 2006 mengemukakan bahwa Fundamental analysts believe that, at any time there is a basic intrinsic value for the aggregate stock market, various industries, or individual securities and that these values depend on underlying economic factors”.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa analisis fundamental dilakukan untuk menentukan nilai intrinsik atau nilai yang sebenarnya suatu sekuritas, misalnya saham yang didasarkan pada faktor-faktor fundamental, seperti faktor-faktor ekonomi, industri, dan faktor-faktor finansial perusahaan. Copeland, Weston, dan Shastri tahun 2005 mengemukakan beberapa faktor yang menentukan harga sekuritas adalah transaksi perdagangan yaitu permintaan dan penawaran antar investor yang secara garis besar dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu pilihan waktu untuk melakukan investasi dan produktivitas investasi dalam menghasilkan return, ekspektasi investor mengenai keadaan masa yang akan datang, dan sikap investor terhadap risiko. Investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran dana saat ini untuk mengharapkan pengembalian ataupun hasil pada masa yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Berbagai pilihan investasi akan dihadapi oleh para investor, baik investor individu maupun investor kelompok. 

Baca juga: Soal-soal akuntansi V lengkap dengan jawabannya.

Investasi
berdasarkan bentuknya ada dua jenis, yaitu:

a. Investasi pada sektor riil, seperti peralatan, properti dan lain-lain.
b. Investasi pada sektor finansial, baik instrumen investasi pada pasar uang juga instrumen investasi pada pasar modal, seperti obligasi dan saham maupun derivatifnya.

Berdasarkan analisis faktor risiko kemudian menentukan return saham tersebut yang akan menjadi pertimbangan bagi investor dalam mengambil keputusan. Keputusan investor merupakan perwujudan dari suatu perilaku atas respon investor dari berbagai faktor yang mempengaruhi iklim investasinya. Faktor utama yang menjadi pertimbangan investor atas keputusan investasinya adalah ekspektasi terhadap return dan risiko.

Konsep dasar analisis fundamental adalah:

1. Return investasi individual 
2. Risiko investasi
3. Return dan risiko pasar
4. Tingkat return aktiva bebas risiko
5. Beta Saham 


Penjelasannya:

 1. Return investasi individual

Tujuan utama kegiatan investasi adalah untuk menghasilkan return (hasil). Dikemukakan oleh Penman (2003) bahwa The objective of investing is to earn returns, and the objective of fundamental analysis is to forecast and value this returns. Pada dasarnya seluruh jenis investasi mempunyai return yang sama yaitu berupa net cash inflowyang dihasilkan dari kegiatan investasi. Namun komponen pembentuk return akan berbeda bagi setiap jenis investasi. Return dapat diartikan sebagai hasil atau pengembalian dari investasi berupa pendapatan bunga, pendapatan dividen, capital gain, dll. Fischer dan Jordan (1995) mengemukakan bahwa “ Return is the motivating force and the principal reward in the investment process, and it is the key method available to investors in comparing alternative investments”.

Bagi investasi riil, return berupa net cash flow yang dihasilkan dari aktivitas operasi atas proyek investasi; bagi investasi obligasi akan menghasilkan return berupa pendapatan bunga atas obligasi (bond yield); sedangkan bagi investasi saham akan menghasilkan return berupa pendapatan dividen (dividend yield) dan pendapatan dari selisih harga (capital gain).

Jadi total return suatu investasi aktiva finansial dapat dihitung secara matematis: Return = Hasil + Perubahan harga. Menurut Salomon Brothers (1989) dalam Elton dkk (2007) bahwa terdapat tujuh variabel yang dapat mempengaruhi return sekuritas yaitu: (1) pertumbuhan ekonomi, (2) siklus bisnis, (3) tingkat suku bunga jangka panjang, (4) tingkat suku bunga jangka pendek, (5) inflasi, (6) kurs mata uang, dan (7) indeks pasar.

Return dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu return ekspektasi dan return aktual. Menurut Rose, Westerfield, dan Jaffe (2010) bahwa “Expected return is the return that an individual expects a stock to earn over the next period”. Untuk mengukur besarnya return saham aktual digunakan rumus (Jogiyanto, 2008) sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.1.

      Keterangan:
      Rit = Return individual realisasi pada periode t
      Pt = Harga saham pada periode t
      Pt-1 = Return individual realisasi pada periode t-1
      Dt = Dividen pada periode t

Untuk menjelaskan penghitungan return saham di atas, sebagai ilustrasi digunakan data harga pasar saham dan pembayaran dividen PT United Tractors Tbk di Bursa Efek Indonesia sebagaimana ditunjukkan pada tabel dibawah ini.
  
Tabel Harga pasar saham, pembayaran dividen, dan return saham PT United Tractors Tbk
Tahun
Harga pasar (Rp)
Pembayaran dividen*) (Rp)
Capital gain (%)
Dividend yield (%)
Return saham (%)
2005
5.400
0



2006
7.550
0
39,81
0
39,81
2007
10.900
0
44,37
0
44,37
2008
4.400
0
(59,63)
0
(59,63)
2009
15.500
0
252,27
0
252,27
Sumber: Fact book Bursa Efek Indonesia
Keterangan *) Asumsi.

Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa harga pasar saham PT United Tractors Tbk sangat fluktuatif. Apabila diasumsikan tidak ada pembayaran dividen maka return saham aktual sama dengan capital gain yang ditunjukkan pada kolom return saham. Nilai return saham akan berfluktuasi sejalan dengan harga pasar saham.

2. Risiko investasi

Risiko dapat diartikan sebagai variabilitas return terhadap return yang diharapkan. Hal ini sejalan dengan pernyataan Jones (2007) bahwa “Risk is defined here as the chance that the actual return on an investment will be different from its expected return”. Apa yang menyebabkan timbulnya risiko bagi aktiva finansial? Menurut Jones (2007) terdapat delapan faktor yang dapat menyebabkan timbulnya risiko bagi suatu aktiva finansial, yaitu: (1) risiko tingkat suku bunga, (2) risiko pasar, (3) risiko inflasi, (4) risiko bisnis, (5) risiko finansial, (6) risiko likuiditas, (7) risiko nilai tukar, (8) risiko Negara.

3. Return dan risiko pasar

Setiap investasi yang dilakukan oleh investor, baik investasi pada sektor riil maupun investasi finansial tidak terlepas dari pengaruh pasar. Oleh karena itu, pada analisis investasi perlu memperhitungkan return dan risiko pasar. Return pasar merupakan pengukuran return portofolio pasar yang dihitung berdasarkan perubahan indeks pasar modal sebagai proksi indeks pasar. Rumus yang digunakan sebagaimana dikemukakan oleh Jogiyanto (2008) ditunjukkan pada Persamaan 10.2.

Untuk menjelaskan penghitungan return pasar di atas, sebagai ilustrasi digunakan data indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia sebagaimana ditunjukkan pada tabel dibawah ini.

Tabel Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia
Tahun
IHSG
Return Pasar (%)
2001
392

2002
425
8,39
2003
679
59,86
2004
1.000
47,24
2005
1.163
16,24
2006
1.806
55,34
2007
2.746
52,05
2008
1.355
-50,66
2009
2.534
87,01
Sumber: Bank Indonesia

Berdasarkan tabel di atas menunjukkan return pasar saham di Indoensia mengalami fluktuasi. Nilai return pasar akan berfluktuasi sejalan dengan fluktuasi indeks harga saham gabungan. Fluktuasi return pasar juga dapat dilihat pada gambar dibawah ini
.


Gambar return pasar saham di Indonesia

Sedangkan risiko pasar menunjukkan risiko yang timbul karena adanya pengaruh faktor pasar yang tidak dapat dihilangkan dengan cara diversifikasi investasi.
Untuk menghitung besarnya risiko pasar digunakan rumus varians return pasar (Jogiyanto, 2008) sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.3.

Keterangan:
sM2 = varians pasar (tingkat risiko pasar)
si2= Varians saham individual (risiko saham individual)
sei2 = Varians residual saham individual
bi2 = Beta kuadrat

 
4. Tingkat return aktiva bebas risiko

Untuk mengukur tingkat return aktiva bebas risiko digunakan pendekatan tingkat suku bunga, sebagaimana disebutkan oleh Brigham, Gapenski, dan Ehrnhardt (1999) “generally taken to be the yield on a long-term U.S. Treasury bond”. Pada penelitian-penelitian pasar modal yang dilakukan di Indonesia digunakan tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sebagai proksi tingkat return aktiva bebas risiko.


5. Beta Saham

Risiko yang relevan dalam permasalahan investasi saham adalah risiko yang tidak dapat dihilangkan sama sekali atau risiko sistematisnya, sehingga dalam hal ini risiko yang diperhitungkan adalah risiko sistematis yang diukur dengan beta. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Jogiyanto (2008) bahwa beta adalah pengukur risiko sistematis dari suatu saham atau portofolio relatif terhadap risiko pasar. Menurut Elton, gruber, Brown, dan Goetzmann (2007) bahwa “Beta is risk measure that arises from the relationship between the return on a stock, and the return on the market”.

Pada umumnya, ada dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menghitung beta, yaitu:

1) Menurut Elton, Gruber, Brown, dan Goetzmann (2007) untuk mengestimasi beta dapat digunakan pendekatan pasar atau Model Indeks Tunggal dengan menggunakan teknik statistik regresi. Rumus yang digunakan sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.4.
Keterangan:
Rit = Return saham I pada periode t
Rmt = Return saham pada periode t
ai = Konstanta (unique return)
bi = Beta saham
eit = Residual error saham i pada periode t.

2) Menurut Radcliffe (1997) untuk mengestimasi beta dapat dilakukan dengan mengukur volatilitas antara return suatu saham dengan return pasar. Rumus yang digunakan sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.5.
Keterangan:
bi = Beta saham
sim = Covarians antara return saham i dengan return pasar
sm2 = Varians pasar
Rm = Return pasar pada periode t
Ri = Return saham i pada periode t.


Menurut Rose, Westerfield, dan Jaffe (2010) bahwa “Variance and standard deviation are many ways to assess the volatility of a security’s return. One of the most common is variance, which is a measure of the squared deviations of a security’s return from its expected return”. Selanjutnya, Rose, Westerfield, dan Jaffe (2010) bahwa “Covariance and Correlation is a return on individual securities are related to one another”.

Menurut Jogiyanto (2008) bahwa Beta untuk portofolio pasar adalah bernilai 1. Suatu sekuritas yang mempunyai Beta lebih kecil dari 1 dikatakan berisiko lebih kecil dari risiko portofolio pasar. Sebaliknya, suatu sekuritas yang mempunyai nilai Beta lebih besar dari 1 dikatakan dikatakan mempunyai risiko sistematik yang lebih besar dari risiko pasar. Jika suatu sekuritas mempunyai Beta sama dengan Beta portofolio pasar atau sama dengan 1, maka diharapkan sekuritas ini mempunyai return ekspektasi yang sama dengan return ekspektasi portofolio pasar atau E(RM). Untuk sekuritas individual yang mempunyai Beta lebih kecil (besar) dari satu, maka diharapkan akan mendapatkan return ekspektasi lebih kecil (besar) dibandingkan dengan return ekspektasi portofolio pasar.

Jadi berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa analisis fundamental (fundamental analysis) merupakan suatu upaya untuk mengestimasi harga sekuritas di masa yang akan datang dengan mempertimbangkan faktor-faktor fundamental secara top-down. Kerangka analisis fundamental secara top-down ditunjukkan pada Gambar dibawah ini.

 
 Gambar Model analisis fundamental secara top-down

Berdasarkan kerangka pada Gambar di atas menunjukkan bahwa analisis fundamental meliputi:
 
1. Analisis faktor-faktor makro ekonomi

Faktor-faktor fundamental ekonomi merupakan variabel-variabel makroekonomi dan industri yang menjadi indikator kinerja perekonomian yang dicapai oleh suatu negara. Variabel ini menggambarkan fundamental ekonomi suatu negara. Faktor-faktor fundamental ekonomi dipandang dalam konteks lingkungan ekonomi dari suatu sistem bisnis. Pasar modal sebagai suatu sistem bisnis tentunya akan mendapat pengaruh dari lingkungan ekonominya.

Variabel-variabel makro ekonomi yang dianggap berpengaruh terhadap return saham adalah: (a) tingkat inflasi, (b)
tingkat suku bunga , (c) jumlah uang beredar, (d) pendapatan nasional, (e) nilai tukar mata uang asing, (f) neraca pembayaran, (g) APBN, (h) tingkat pengangguran. 

Penjelasannya:

a. Tingkat Inflasi

Inflasi (inflation) dapat diartikan sebagai kecenderungan kenaikan harga barang-barang dan jasa yang berlaku secara umum dan berlangsung relatif lama. Inflasi berpengaruh terhadap return saham. Hal ini sejalan dengan pernyataan Reilly dan Brown (2006) bahwa “when investors anticipated an increase in rate of inflation, they would increase their required rates of return by a similar amount to derive constant rates of return”. Menurut Dornbusch, Fischer, dan Startz (2008) bahwa “The inflation measure in the figure is the rate of change of the consumer price index (CPI), the cost of a given basket of goods representing the purchases of a typical urban consumer”.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel Inflasi merupakan salah satu indikator perekonomian suatu negara. Inflasi berpengaruh terhadap daya beli masyarakat sehingga juga berpengaruh terhadap pendapatan riil masyarakat. Semakin tinggi Inflasi suatu negara maka semakin rendah daya beli (purchasing power) masyarakat sehingga pendapatan riil juga menurun. Daya beli masyarakat akan berpengaruh terhadap permintaan (demand) barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen sebagai emiten. Semakin tinggi daya beli masyarakat maka semakin tinggi pula permintaan barang dan jasa. 


Permintaan akan berpengaruh terhadap pendapatan produsen. Artinya semakin tinggi permintaan suatu produsen maka akan semakin tinggi pula pendapatan produsen tersebut. Dan pada akhirnya apabila pendapatan meningkat maka cenderung diikuti pula peningkatan laba. Selanjutnya, para investor akan merespon kondisi tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap nilai suatu sekuritas. Apabila para investor merespon positif terhadap kinerja emiten maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung meningkat. Demikian pula sebaliknya, apabila para investor merespon negatif maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung menurun.

b.
Tingkat suku bunga (interest rates) 

Tingkat suku bunga (interest rates) dapat diartikan sebagai biaya atas dana pinjaman atau pendapatan atas investasi pada pasar uang. Hal ini sejalan dengan pernyataan Dornbusch, Fischer, dan Startz (2008) bahwa “The interest rate states the rate of payment on a loan or other investment, over and above principal repayment, in terms of an annual percentage”.

Zafar, Urooj, dan Durrani (2008) telah melakukan penelitian tentang volatilitas tingkat suku bunga dan return saham pada Pasar Saham Karachi. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa “conditional market returns and variance parameters are very close to each other for both the models. Conditional market returns have a negatively significant relation with the interest rates as in USA and Korea. Thus we can easily predict the stock returns by analyzing interest rates.”

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat suku bunga merupakan salah satu indikator perekonomian suatu negara. Suku bunga berpengaruh terhadap dua hal yaitu (1) daya beli untuk konsumsi masyarakat dan (2) selera investasi masyarakat. Semakin tinggi suku bunga pada suatu negara maka semakin rendah daya beli (purchasing power) masyarakat. Kondisi ini pula akan mengubah selera investasi masyarakat yang cenderung mengalihkan investasinya dari pasar modal ke pasar uang. Daya beli masyarakat akan berpengaruh terhadap permintaan (demand) barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen sebagai emiten. 


Dengan semakin tinggi daya beli masyarakat maka semakin tinggi juga permintaan barang dan jasa. Permintaan akan berpengaruh terhadap pendapatan produsen. Artinya semakin tinggi permintaan suatu produsen maka akan semakin tinggi juga pendapatan produsen tersebut. Dan pada akhirnya apabila pendapatan meningkat maka cenderung diikuti pula peningkatan laba. Di samping itu, adanya perubahan selera investasi masyarakat yang cenderung mengalihkan investasinya dari pasar modal ke pasar uang sehingga harga sekuritas pada pasar modal cenderung menurun. Selanjutnya, para investor akan merespon kondisi tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap nilai suatu sekuritas. Apabila para investor merespon positif terhadap kinerja emiten maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung meningkat. Demikian pula sebaliknya, apabila para investor merespon negatif maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung menurun.

c. Jumlah Uang Beredar

Jumlah uang beredar (money supply) dapat diartikan sebagai nilai uang yang beredar di kalangan masyarakat, kecuali bank komersial dan kas Negara. Variabel jumlah uang beredar juga merupakan indikator perekonomian suatu negara. Jumlah uang beredar akan berpengaruh terhadap inflasi apabila jumlah uang beredar meningkat maka cenderung tingkat inflasi akan meningkat. Demikian juga sebaliknya, apabila jumlah uang beredar menurun maka tingkat inflasi cenderung menurun. Pengaruh selanjutnya adalah sama dengan pengaruh inflasi terhadap nilai suatu sekuritas.
 
d. Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional (national income) merupakan salah satu indikator kinerja perekonomian yang dicapai oleh suatu Negara. Pendapatan nasional dapat memberikan pengaruh terhadap iklim berinvestasi, termasuk iklim berinvestasi di pasar modal. Salah satu konsep pengukuran pendapatan nasional adalah Produk Domestik Bruto (gross domestic product).

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel PDB merupakan salah satu indikator perekonomian suatu negara. Apabila PDB suatu negara mengalami peningkatan maka perekonomian negara tersebut mengalami kemajuan. PDB berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Semakin tinggi PDB suatu negara maka semakin tinggi pula daya beli (purchasing power) masyarakat. Daya beli masyarakat akan berpengaruh terhadap permintaan (demand) barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen sebagai emiten. 
Semakin tinggi daya beli masyarakat maka semakin tinggi pula permintaan barang dan jasa. 

Permintaan akan berpengaruh terhadap pendapatan produsen. Artinya semakin tinggi permintaan suatu produsen maka akan semakin tinggi pula pendapatan produsen tersebut. Dan pada akhirnya apabila pendapatan meningkat maka cenderung diikuti pula peningkatan laba. Selanjutnya, para investor akan merespon kondisi tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap nilai suatu sekuritas. Apabila para investor merespon positif terhadap kinerja emiten maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung meningkat. Demikian pula sebaliknya, apabila para investor merespon negatif maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung menurun.
 
e. Nilai Tukar Mata Uang Asing

Nilai tukar mata uang asing (foreign exchange rate) dapat diartikan sebagai perbandingan nilai mata uang suatu negara terhadap mata uang Negara lainnya. Misalnya, rupiah terhadap dollar AS. Menurut Dornbusch, Fischer, dan Startz (2008) bahwa “The exchange rate is the price of foreign currency”.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel nilai tukar merupakan salah satu indikator perekonomian suatu negara. Nilai tukar berpengaruh terhadap dua hal yaitu (1) daya beli untuk konsumsi masyarakat baik domestik maupun luar negeri dan (2) selera investasi masyarakat. Apabila mata uang domestik mengalami depresiasi terhadap mata uang asing maka ekspor negara tersebut cenderung mengalami peningkatan dan sebaliknya impor negara tersebut cenderung mengalami penurunan. 
Kondisi ini pula akan mengubah selera investasi masyarakat yang cenderung mengalihkan investasinya dari pasar modal ke pasar uang. Daya beli masyarakat akan berpengaruh terhadap permintaan (demand) barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen sebagai emiten. Semakin tinggi daya beli masyarakat maka semakin tinggi pula permintaan barang dan jasa. Permintaan akan berpengaruh terhadap pendapatan produsen. Artinya semakin tinggi permintaan suatu produsen maka akan semakin tinggi pula pendapatan produsen tersebut. 

Dan pada akhirnya apabila pendapatan meningkat maka cenderung diikuti pula peningkatan laba. Di samping itu, adanya perubahan selera investasi masyarakat yang cenderung mengalihkan investasinya dari pasar modal ke pasar uang sehingga harga sekuritas pada pasar modal cenderung menurun. Selanjutnya, para investor akan merespon kondisi tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap nilai suatu sekuritas. Apabila para investor merespon positif terhadap kinerja emiten maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung meningkat. Demikian pula sebaliknya, apabila para investor merespon negatif maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung menurun.

f. Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran (balance of payment) merupakan salah satu indikator makroekonomi yang menunjukkan perimbangan antara arus dana masuk dari luar negeri ke dalam negeri dengan arus dana keluar dari dalam negeri ke luar negeri. Neraca pembayaran dapat mempengaruhi aktivitas perekonomian suatu Negara karena akan menentukan cadangan devisa. Komponen utama dari neraca pembayaran adalah transaksi berjalan (neraca perdagangan) yang merupakan perimbangan ekspor dan impor. Apabila neraca perdagangan dalam kondisi defisit maka neraca pembayaran juga akan cenderung defisit kecuali dapat ditutupi oleh transaksi modal. Hal ini yang akan mempengaruhi kegiatan perekonomian sehingga akan berpengaruh terhadap iklim investasi, baik pada sektor riil maupun sektor keuangan.
 
g. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

APBN (budgets) merupakan anggaran yang disusun oleh pemerintah berkaitan dengan keuangan Negara. APBN merupakan pedoman bagi pemerintah dalam mengatur keuangan Negara. Menurut Bodie, Kane, dan Marcus (2009) bahwa “The budget deficit of the federal government is the difference between government spending and revenues. Any budgetary shortfall must be offset by government borrowing. Large amounts of government borrowing can force up interest rates by increasing the total demand for credit in the economy”.
 
h. Pengangguran

Pengangguran (unemployment) merupakan suatu keadaan dimana angkatan kerja tidak mendapatkan pekerjaan. Pengangguran juga merupakan salah satu indikator perekonomian suatu negara. Pengangguran akan mengakibatkan pendapatan masyarakat berkurang serta cenderung terjadi ketidakstabilan keamanan dalam suatu negara. Apabila Tingkat Pengangguran dalam suatu negara mengalami peningkatan maka perekonomian negara tersebut mengalami penurunan. Pengangguran berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Semakin tinggi Tingkat Pengangguran dalam suatu negara maka semakin rendah pula daya beli (purchasing power) masyarakat. Daya beli masyarakat akan berpengaruh terhadap permintaan (demand) barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen sebagai emiten. 

Semakin rendah daya beli masyarakat maka semakin rendah pula permintaan barang dan jasa. Permintaan akan berpengaruh terhadap pendapatan produsen. Artinya semakin rendah permintaan suatu produsen maka akan semakin rendah pula pendapatan produsen tersebut. Dan pada akhirnya apabila pendapatan menurun maka cenderung diikuti pula penurunan laba. Selanjutnya, para investor akan merespon kondisi tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap nilai suatu sekuritas. Apabila para investor merespon negatif terhadap kinerja emiten maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung menurun. Demikian pula sebaliknya, apabila para investor merespon positif maka nilai sekuritas yang diterbitkan emiten tersebut cenderung meningkat.

Secara grafis hubungan antara variabel-variabel makroekonomi terhadap nilai suatu sekuritas ditunjukkan pada Gambar dibawah ini.

 Analisis Penentuan Keputusan Investasi Perusahaan


Gambar hubungan antara variabel-variabel makro ekonomi terhadap nilai pasar sekuritas

Hasil penelitian tentang hubungan antara faktor-faktor fundamental ekonomi dengan return saham sebagai berikut:


a. Flannery dan Protopapadakis (2002) telah meneliti tentang hubungan antara variabel-variabel makroekonomi dengan return saham. Pada penelitian ini, mereka mengkaji faktor inflasi dan pertumbuhan uang. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa return saham secara signifikan berkaitan dengan inflasi dan pertumbuhan uang.
b. Boyer dan Filian (2004) telah melakukan penelitian tentang faktor-faktor fundamental ekonomi yang menentukan return saham perusahaan-perusahaan minyak dan gas Kanada. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa return pasar saham Kanada, dan peningkatan harga minyak mentah dan gas alam berhubungan positif dengan return saham. Sedangkan tingkat suku bunga, volume produksi, dan pelemahan dollar Kanada terhadap dollar Amerika Serikat berhubungan negatif dengan return saham.
c. Goriaev (2004) telah melakukan penelitian tentang faktor-faktor fundamental yang merupakan sumber risiko pada Pasar Saham Rusia. Pada faktor-faktor fundamental ekonomi yang diteliti adalah oil, currency, bond spreads, dll.
d. Poitras (2004) telah melakukan penelitian tentang variabel-variabel ekonomi makro kaitannya dengan return saham. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh secara signifikan pengumuman variabel-variabel ekonomi makro terhadap harga saham.
e. Al-Zubi dan Salameh (2007) telah melakukan penelitian tentang hubungan antara variabel-variabel ekonomi dengan return saham pada sektor industri di Jordania. Pada penelitian ini, mereka mengkaji empat variabel ekonomi yaitu industrial production, expected inflation, unanticipated inflation, dan term structure. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa apabila mempertimbangkan return tanpa dividen maka hanya ada dua variabel yang benar-benar mempengaruhi return saham yaitu expected inflationdan unanticipated inflation sedangkan apabila mempertimbangkan dividen maka hanya ada satu variabel yang mempengaruhi return saham yaitu unticipated inflation.
f. Kandir (2008) telah melakukan penelitian tentang peranan faktor-faktor makroekonomi dalam menjelaskan return saham Turki. Pada penelitian ini, Kandir menggunakan faktor growth rate of industrial production index, change in consumer price index, growth rate of narrowly defined money supply, change in exchange rate, interest rate, growth rate of international crude oil price, dan return on the MSCI World Equity Index. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa exchange rate, interest rate, dan world market return mempengaruhi seluruh return portofolio, sementara inflation rate hanya signifikan pada tiga dari 12 return portofolio. Sedangkan industrial production, money supply dan oil prices tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap return saham.

2. Analisis industri
 

Analisis terhadap suatu industri diperlukan dengan pertimbangan bahwa setiap industri memiliki karakteristik yang berbeda sehingga memberikan dampak risiko yang berbeda terhadap investasi saham pada pasar saham. Berarti bahwa setiap jenis industri pada waktu yang bersamaan akan memberikan tingkat return yang berbeda.

Pada setiap pasar modal di setiap negara telah melakukan pengklasifikasian berdasarkan jenis-jenis industri. Misalnya, Bursa Efek Indonesia telah mengklasifikasi emiten ke dalam sembilan sektor industri. Di samping itu analsis terhadap karakteristik industri dapat dibedakan dari kinerja masing-masing industri yang dapat diukur dengan beberapa faktor antara lain: (1) Return on equity, (2) Earnings per share, (3) Industry’s operating profit margin, (4) Price earnings ratio, (5) Price/book value ratio, (6) Price/cash flow ratio, dan (7) Price/sales ratio.

Hasil-hasil penelitian terdahulu tentang hubungan antara return saham dengan faktor-faktor industri adalah sebagai berikut:

1) Bauer, Pavlov, dan Schotman (2004) telah meneliti tentang prediksibilitas return saham berdasarkan data panel saham-saham individual kaitannya dengan pengaruh karakteristik industri. Hasil penelitiannya menemukan bahwa efek industri signifikan yang diindikasikan oleh ukuran (size) dan momentum. Selanjutnya, mereka menemukan bahwa return ekspektasi pada umumnya berkaitan dengan cash flow-to-price ratio dan analyst earnings revisions sebagai momentum.

2) Hou dan Robinson (2006) telah meneliti tentang konsentrasi industri kaitannya dengan return saham. Pada penelitian ini, mereka mengkaji beberapa faktor fundamental perusahaan yang mempengaruhi return saham antara lain: size, book-to-market, dan momentum. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa perusahaan yang berada dalam industri yang semakin terkonsentrasi akan menghasilkan return yang lebih rendah.

3) Chan, Lakonishok, dan Swaminathan (2007) telah meneliti tentang klasifikasi industri dengan pergerakan return saham pada pasar modal Amerika Serikat. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa industri dapat berpengaruh terhadap volatilitas return saham sebagaimana menyatakan bahwa “their common response to industry effects may be drowned out by the higher volatility in small stock returns.”

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa analisis industri bertujuan menentukan jenis-jenis industri yang menguntungkan sebagai sebagai suatu kegiatan investasi, baik investasi tunggal maupun investasi portofolio. 
Variabel-variabel analisis industri adalah:
 

a) Estimasi tingkat keuntungan industri

Tingkat keuntungan industri merupakan tingkat keuntungan rata-rata seluruh perusahaan yang berada dalam industri tersebut. Suatu industri yang diestimasi memiliki tingkat keuntungan yang cenderung menurun maka industri tersebut cenderung direspon negatif oleh investor. Untuk menilai tingkat keuntungan industri dapat dilakukan prosedur sebagai berikut:

Tahap 1: Tentukan parameter atau indikator yang digunakan, seperti ROA, ROE, GPM, OPM, NPM.
Tahap 2: Identifikasi nilai-nilai parameter setiap perusahaan tersebut kemudian hitung rata-rata tingkat keuntungan industri.
Tahap 3: Lakukan forecasting terhadap nilai-nilai parameter tersebut.
Tahap 4: Lakukan analisis terhadap tingkat keuntungan industri tersebut.
 
b) Estimasi earning per share (EPS) industri
 

EPS industri merupakan EPS rata-rata seluruh perusahaan yang berada dalam industri tersebut. Suatu industri yang diestimasi memiliki EPS yang cenderung menurun maka industri tersebut cenderung direspon negatif oleh investor. Untuk menilai tingkat keuntungan industri dapat dilakukan prosedur sebagai berikut:
Tahap 1: Identifikasi nilai-nilai EPS setiap perusahaan kemudian hitung rata-rata EPS industri.
Tahap 2: Lakukan forecasting terhadap nilai-nilai EPS tersebut
Tahap 3: Lakukan analisis terhadap EPS industri tersebut.
 
c) Persaingan dan return industri yang diharapkan 
d) Estimasi earning multiplier industri

3. Analisis perusahaan

Faktor-faktor fundamental perusahaan ditunjukkan oleh kinerja keuangan dan keputusan-keputusan penting pada fungsi keuangan perusahaan yang merupakan indikator kinerja manajemen perusahaan. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan perusahaan adalah emiten-emiten yang terdaftar pada Bursa Efek. Analisis terhadap kinerja keuangan emiten dapat dilakukan melalui analisis terhadap laporan keuangan sedangkan analisis terhadap keputusan-keputusan strategis di bidang keuangan adalah keputusan-keputusan yang berimplikasi jangka panjang di bidang keuangan.

Analisis terhadap laporan keuangan merupakan metode yang digunakan para pengguna untuk mencari informasi guna menjawab pertanyaannya tentang perusahaan (Penman, 2003). Analisis terhadap kinerja keuangan emiten menggambarkan kekuatan dan kelemahan aspek finansial suatu perusahaan sehingga akan merefleksikan suatu risiko bagi suatu perusahaan.

Analisis terhadap kinerja keuangan emiten dapat dikelompokkan ke dalam lima bagian yaitu: (1) Analisis Likuiditas, (2) Analisis Solvabilitas, (3) Analisis Profitabilitas, (4) Analisis Pertumbuhan Perusahaan, dan (5) Analisis Nilai Tambah. Sebagian besar analisis ini telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Hasil-hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan terhadap return saham ditunjukkan sebagai berikut:

a. Quiros dan Timmermann (2000) telah melakukan penelitian tentang ukuran perusahaan kaitannya dengan return saham. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa perusahaan yang berukuran kecil memiliiki risiko yang relatif besar terhadap resesi dan memiliki return yang sangat sensitif terhadap siklus perekonomian.
b. Lewellen (2000) telah meneliti tentang prediksibilitas return saham berdasarkan book-to-market ratio kaitannya estimasi risiko. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: (1) return saham dapat diprediksi secara cross-section dan secara time series, dan (2) sesuai dengan penetapan harga yang rasional, book-to market signifikan menentukan risiko tetapi tidak memberikan informasi tambahan tentang return ekspektasi.
c. Liu dan Thomas (2000) telah meneliti tentang penggunaan laba akuntansi untuk menjelaskan return saham. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kesimpulan tentang kesesuaian nilai laba akuntansi yang dibuat dari regresi sederhana unexpected returns atas current unexpected earnings adalah menyesatkan.
d. Penman dan Zhang (2002) telah melakukan penelitian tentang kualitas laba (return on net operating asset) yang dipengaruhi oleh investasi serta kaitannya dengan return saham. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa kualitas laba dapat digunakan untuk memprediksi return saham.
e. Kothari, Lewellen, dan Warner (2003) telah melakukan penelitian tentang return saham kaitannya dengan laba. Hasil penelitiannya menyimpulkan dua hal yaitu: (1) return tidak berkaitan dengan laba masa lalu dan menyarankan bahwa harga saham kurang bereaksi bukan berlebihan reaksi terhadap pengumuman laba agregat, dan (2) agregat return berkorelasi secara negatif dengan laba berjalan.
f. Balke dan Wohar (2006) telah meneliti tentang pertumbuhan dividen kaitannya harga saham. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa ekspektasi pertumbuhan dividen di masa yang akan datang merupakan penentu utama terhadap pergerakan harga saham.
g. Majumdar dan Bacon (2007) telah melakukan penelitian tentang pengaruh variabel-variabel keuangan yang signifikan terhadap risiko. Pada penelitian ini mereka menjelaskan return sebagai fungsi variabel keuangan yang meliputi: price to earnings per share ratio, price to book ratio, financial leverage, dividend yield, firm size, dan beta. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa beta, firm size, dan dividend yield sebagai variabel independen yang menentukan return saham.
h. Park (2007) telah melakukan penelitian tentang dividend–price ratio untuk memprediksi return saham. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa dividend-price ratio tidak konsisten untuk digunakan dalam memprediksi return saham. Sebagaimana ia menyatakan bahwa “the dividend-price ratio shows strong predictive power during a certain period, while it has weak or no predictive power at other times. However, this paper shows that the predictive power of the dividend-price ratio varies over time depending on its persistence.”
i. Chaopricha, Chan, dan Pollard (2007) telah melakukan penelitian tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap return saham. Pada penelitian ini, mereka mengkaji karakteristik perusahaan yang dicirikan oleh market-to-book value ratio, size, dan price-earning ratio.
j. Martani, Mulyono, dan Khairurizka (2009) telah melakukan penelitian tentang nilai-nilai yang relevan atas informasi akuntansi dalam menjelaskan return saham pada pasar modal Indonesia. Pada penelitian ini, mereka mengkaji berbagai faktor fundamental perusahaan, seperti profitabilitas, likuiditas, leverage, rasio pasar, ukuran perusahaan, dan arus kas sebagai informasi akuntansi. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa profitabilitas, rasio turnover dan rasio pasar mempunyai pengaruh signifikan terhadap return saham.
k. Senthilkumar (2009) telah melakukan penelitian tentang hubungan antara ekspektasi return saham (expected stock return) dengan ukuran perusahaan (size) dan market-to-book ratio (M/B ratio) pada lima industri di India. 
Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa:

1) Faktor Size (ukuran) perusahaan mempunyai hubungan negatif dengan return saham tetapi kurang signifikan pengaruhnya. Namun demikian, perusahaan kecil mempunyai rata-rata return yang lebih tinggi dari perusahaan besar.

2) Faktor M/B ratio mempunyai hubungan positif dan peranan yang sangat kuat terhadap rata-rata return.

12. Allen dan Bujang (2009) telah melakukan penelitian tentang return saham dan kaitannya dengan fundamental perusahaan di Malaysia. Pada penelitian ini, mereka mengkaji tentang dividend price ratio dan dividend yields sebagai faktor fundamental perusahaan. Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa dividend price ratio dan dividend yields model mempunyai pengaruh yang signifikan dan merupakan prediktor return saham yang superior.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa analisis perusahaan bertujuan menentukan perusahaan yang memiliki prospek yang baik dalam industri yang terpilih sebagai tempat berinvestasi, baik investasi tunggal maupun investasi portofolio. 

Baca Juga: Aset tetap atau aktiva tetap dalam akuntansi.

 

B. Analisis Investasi Analisis Teknikal

Analisis teknikal mengasumsikan bahwa return sekuritas masa yang akan datang bergantung pada pola pergerakan return pada periode sebelumnya. Analisis teknikal merupakan suatu upaya untuk mengestimasi harga sekuritas berdasarkan pola pergerakan harga sekuritas pada masa lalu. Teknik-teknik analisis yang dapat digunakan dalam analisis teknikal adalah:

1. Teori Dow
Teori ini pertama kali dikembangkan oleh Charles H. Dow yang bertujuan untuk mengidentifikasi trend harga pasar saham dalam jangka panjang dengan berdasar pada data historis harga pasar saham. Teori ini menjelaskan bahwa pergerakan harga saham bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

1) Trend primer (primary trend)
Trend primer merupakan pergerakan harga saham dalam jangka waktu yang lama (beberapa tahun).
2) Trend sekunder (secondary trend)
Trend sekunder merupakan pergerakan harga saham yang terjadi selama pergerakan harga dalam trend primer yang biasanya terjadi dalam beberapa minggu atau beberapa bulan.
 
3) Trend minor (minor trend)
Trend minor merupakan fluktuasi harga saham yang terjadi setiap hari.
Untuk menggambarkan pola pergerakan harga-harga saham dalam trend primer dapat ditemukan dua kondisi, yaitu:
Pasar dalam kondisi bergairah (bull market = bullish) yaitu ketika pergerakan harga-harga saham cenderung untuk naik.
Pasar dalam kondisi lesu (bear market = bearish) yaitu ketika pergerakan harga-harga saham cenderung menurun.

2. Metode Grafik
Teknik lain untuk menggambarkan pergerakan harga pasar saham adalah dengan menyusun grafik dari pergerakan harga saham secara individual selama waktu tertentu. Metode grafik dapat berupa diagram batang (bar chart) atau diagram kombinasi angka dan gambar (point-and-figure chart).

3. Metode rata-rata bergerak
Teknik rata-rata bergerak (moving average) adalah salah satu teknik yang dipakai dalam analisis teknikal untuk mendeteksi dan menganalisis pergerakan harga saham baik saham individual maupun seluruh saham di pasar modal. Data yang dipakai adalah data harga penutupan saham (closing price) untuk waktu tertentu (misalnya 200-harian).

4. Analisis kecenderungan
Analisis kecenderungan dapat digunakan untuk meramal harga saham secara time-series dengan asumsi bahwa fluktuasi harga saham tidak dipengaruhi faktor-faktor lain, selain karena pengaruh waktu.

5. Analisis regresi
Metode regresi dapat digunakan untuk meramalkan harga pasar saham pada masa yang akan datang dengan asumsi bahwa fluktuasi harga saham dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Apabila hanya satu faktor yang mempengaruhi dapat digunakan regresi sederhana dan apabila lebih dari satu faktor dapat digunakan regresi berganda. 

Baca Juga: Inflasi untuk perubahan harga dalam ekonimi.

 

C. Analisis Investasi Model-model Penilaian Sekuritas

Penggunaan model-model penilaian sekuritas adalah untuk menentukan nilai instrinsik berdasarkan arus kas dengan menggunakan konsep nilai sekarang dan nilai akan datang, diantaranya adalah
sekuritas jangka panjang.

Sekuritas Jangka Panjang

Sekuritas jangka panjang merupakan sekuritas yang diterbitkan oleh emiten dengan batas jatuh tempo lebih satu tahun (jangka panjang). Sekuritas jangka panjang diperdagangkan di pasar modal berupa saham dan obligasi. Saham merupakan surat tanda kepemilikan sedangkan obligasi merupakan surat tanda utang. Di samping itu sekuritas jangka panjang juga dapat diterbitkan oleh pemerintah.

Penilaian sekuritas jangka panjang ditinjau dari tiga konsep, yaitu:

1. Nilai Buku (Book Value/BV)
Nilai buku merupakan nilai historis dari suatu aktiva. Nilai buku dari suatu aktiva sekuritas adalah nilai perolehan sekuritas tersebut.
2. Nilai Pasar (Market Value/MV)
Nilai pasar merupakan nilai aktiva berdasarkan mekanisme pasar (permintaan dan penawaran) pasar. Semakin tinggi permintaan pasar maka semakin tinggi nilai aktiva tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi penawaran pasar maka semakin rendah nilai aktiva tersebut.
3. Nilai Intrinsik (Intrinsic Value/IV)
Nilai intrinsik suatu aktiva sekuritas merupakan harga sekuritas yang seharusnya jika dihargai secara benar berdasarkan faktor-faktor penunjangnya.

Penilaian terhadap sekuritas jangka panjang diperlukan baik oleh emiten maupun investor. Bagi emiten penilaian terhadap sekuritas diperlukan untuk mengestimasi respon investor terhadap sekuritas yang diterbitkan sedangkan bagi investor berguna untuk mengestimasi prospek keuntungan yang akan diperoleh investor. Secara umum, penilaian terhadap sekuritas dilakukan untuk mengukur besarnya nilai intrinsik atau nilai sebenarnya atas suatu sekuritas yang kemudian akan dibandingkan dengan harga pasar sekuritas tersebut. Apabila hasil perhitungan nilai intrinsik dibandingkan dengan nilai pasar maka akan ditemukan tiga kemungkinan.
 

Kemungkinan tersebut, yaitu: 
 1. Nilai intrinsik lebih besar dari nilai pasar
Apabila nilai intrinsik suatu sekuritas lebih besar dari nilai pasarnya maka sekuritas tersebut dalam keadaan undervalued. Jadi sebaiknya current investor menahan sekuritas tersebut sedangkan bagi potential investor sebaiknya membeli sekuritas tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencapai keuntungan yang lebih besar.
2. Nilai intrinsik sama dengan nilai pasar
Apabila nilai intrinsik suatu sekuritas sama dengan nilai pasarnya maka keputusan bagi investor besifat relatif (fifty-fifty). Sebenarnya keadaan seperti ini sangat sulit ditemukan.
3. Nilai intrinsik lebih kecil dari nilai pasar
Apabila nilai intrinsik suatu sekuritas lebih kecil dari nilai pasarnya maka sekuritas tersebut dalam keadaan overvalued. Jadi sebaiknya current investor melepas sekuritas tersebut sedangkan bagi potential investor sebaiknya tidak membeli sekuritas tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Konsep Nilai Sekarang dan Nilai akan Datang

Konsep nilai sekarang atau present value dan nilai yang akan datang atau future value sangat penting keberadaannya dalam penilaian terhadap sekuritas jangka panjang. Kedua konsep ini dasarkan pada prinsip ”time value of money” dimana nilai uang akan berbeda pada waktu yang berbeda juga. Nilai uang sekarang lebih rendah dari nilai uang yang lalu dan lebih tinggi dari nilai uang yang akan datang, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor inflasi.

Perhitungan present value dan future value didasarkan atas dua jenis bunga, yaitu bunga sederhana dan bunga majemuk. Bunga sederhana adalah bunga yang dibayar atau diterima berdasarkan jumlah modal awal sedangkan bunga majemuk adalah bunga yang dibayar atau diterima berdasarkan bunga sebelumnya telah dibayar atau diterima.

1. Nilai Sekarang (Present Value/PV)
Penilaian atas Present Value dibedakan berdasarkan kedua jenis bunga di atas:
a) Bunga Sederhana
                             
b)       Bunga Manjemuk

2. Nilai Masa Depan (Future Value/FV)
Penilaian atas Future Value dibedakan berdasarkan kedua jenis bunga di atas:
a)       Bunga Sederhana
b)       Bunga Majemuk


Model-model Penilaian Sekuritas Jangka Panjang

Penilaian terhadap Sekuritas Jangka Panjang menggunakan model yang berbeda sesuai dengan jenis sekuritasnya. Dalam konteks ini terdapat dua jenis sekuritas jangka panjang yaitu Obligasi (Bond) dan Saham (Stock).

1. Penilaian terhadap Obligasi (Bond Valuation)

Penilaian terhadap obligasi berbeda untuk setiap jenis obligasi. Secara umum terdapat dua jenis obligasi yaitu obligasi tanpa batas jatuh tempo (perpetual bonds) dan obligasi dengan jatuh tempo terbatas (bond with a finite maturity). Penilaian terhadap kedua jenis obligasi tersebut menggunakan pendekatan yang berbeda sebagai berikut:

a) Obligasi tanpa batas jatuh tempo

Untuk menilai obligasi ini digunakan pendekatan nilai sekarang (present value). Oleh karena itu, nilai intrinsik (intrinsic value) obligasi adalah nilai sekarang (present value) atas arus kas (cash flow) yang diterima selama periode yang tidak terbatas. Model matematis yang dapat digunakan untuk menghitung nilai intrinsik obligasi ini dapat digunakan Persamaan 10.12, 10.13., dan 10.14 sebagai berikut: 




b) Obligasi dengan jatuh tempo terbatas


Penilaian terhadap jenis obligasi ini dapat digunakan dua model yaitu:
Non-Zero Coupon Bonds



§  Zero Coupon Bonds



2. Penilaian terhadap Saham Preferen

Penilaian terhadap Saham Preferen digunakan pendekatan present value dengan Persamaan 10.18 sebagai berikut:


3. Penilaian terhadap Saham Biasa

1) Model Pertumbuhan Konstan (Costant Growth Model)

Model pertumbuhan konstan merupakan salah satu model yang digunakan untuk menilai harga saham biasa. Model ini mengasumsikan bahwa:
o Tidak semua laba (EPS) dibagi tetapi ada sebagian yang ditahan
o Laba yang ditahan diinvestasikan kembali sehingga bisa menghasilkan keuntungan (ROE)
o Laba per lembar saham (EPS) dan deviden yang dibagikan akan berkembang dari periode dengan tingkat pertumbuhan yang sama
o Tingkat pertumbuhan yang sama pada masa yang akan datang tidak terbatas. Penilaian terhadap Saham Biasa dengan Model Pertmbuhan Konstan dapat digunakan Persamaan 10.19. 



atau secara sederhana diformulasikan dalam persamaan sum of geometric progressionsebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.20 sebagai berikut:
 
 Persamaan 6.15 di atas diturunkan dari Persamaan 10.21 sebagai berikut:
Keterangan:
P = nilai per lembar saham
D = deviden per lembar saham
k  = rate of return
g = tingkat pertumbuhan

2) Discounted Cash Flow Model

Model
discounted cash flow didasarkan pada konsep bahwa nilai saham adalah sama dengan present value dari cash flow yang dapat diterima dari saham tersebut oleh investor. Present value cash flow tersebut merupakan present value tersebut merupakan present value dari seluruh dividen yang akan datang. Hal ini diasumsikan bahwa pemegang saham cenderung menahan saham untuk satu periode. Pada periode ini, pemegang saham akan menerima dividen dan nilai saham tersebut pada saat dijual.

Untuk menghitung nilai saham biasa dengan Model Discounted Cash Flow dapat digunakan Persamaan 10.22 sebagai berikut:
  • Nilai saham jika dividen dibagi pada akhir periode:
Keterangan :
Pt      = harga saham pada peride t
D t-1 = dividen yang diterima pada periode t-1
P t-1 = harga saham pada periode t-1
Ks       = discount rate yang sesuai

Perkiraan harga saham yang akan dijual pada satu periode yang akan datang dapat dihitung dengan Persamaan 10.23 sebagai berikut:

Jadi pada akhirnya nilai saham dapat dihitung dengan Persamaan 10.24 sebagai berikut:

3) Cross-Sectional Model

Model ini merupakan analisis yang dilakukan terhadap banyak saham untuk periode waktu yang sama. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana posisi suatu saham terhadap saham-saham lainnya dengan menggunakan variabel tertentu.

Analisis Cross-Sectionaluntuk penilaian saham dilakukan dengan cara membandingkan kewajaran harga suatu saham terhadap saham-saham lainnya. Analisis ini dapat dilakukan dengan menggunakan analisis present value maupun analisis price earning ratio (PER). 


Analisis Cross-Sectional menggunakan Price Earning Ratio

Salah satu faktor yang mempengaruhi Price Earning Ratio (PER) adalah pertumbuhan dividen yang berarti juga laba. Semakin tinggi pertumbuhan dividen, semakin tinggi PER apabila faktor-faktor lain konstan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memperkirakan PER adalah dengan menghubungkannya dengan pertumbuhan. Dari analisis Elton & Gruber ditemukan hubungan antara PER dengan pertumbuhan sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.25 sebagai berikut:

Apabila PER dipengaruhi beberapa faktor, maka teknik yang digunakan adalah teknik regresi berganda yang menggunakan tiga variabel yang mempengaruhi PER, yaitu (1) tingkat pertumbuhan, (2) devidend payout rate, dan (3) mempunyai hubungan negatif. Dari hasil analisis ditemukan persamaan PER sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.26 sebagai berikut:
Selanjutnya Elton & Gruber menganalisis model Cross-Sectionalpada kondisi pasar modal bullish (membaik) dan bearish(memburuk). Pada kondisi bullish, model satu variabel sebagaimana dirumuskan pada Persamaan 10.27 sebagai berikut:
Sedangkan pada kondisi bearish dirumuskan pada Persamaan 10.28 sebagai berikut:
Apabila suatu saham mempunyai PER yang ditawarkan lebih rendah dari PER yang diharapkan (diperkirakan), maka saham tersebut potensi untuk dibel. Sedangkan apabila menawarkan PER yang lebih tinggi dari PER yang diharapkan, maka saham tersebut potensi untuk dilakukan short selling.

  • Analisis  Cross-Sectional Dengan Pendekatan dividen (cash flow). Dalam pendekatan ini ditunjukkan hubungan positif antara tingkat keuntungan yang diharapkan (r) dengan risiko (β), kemudian diregresikan, dimana r merupakan variabel depeden dan β merupakan variabel independen. Dari hasil analisis ditemukan hubungan antara r dengan β sebagai berikut:
Tabel Analisis cross-section dengan pendekatan dividen (cash flow

Saham
Tingkat keuntungan
Yang diharapkan (r)
Risiko (β)
1
2
0,20
0,175
1,10
0,80

Apabila suatu saham menawarkan ”r” yang lebih rendah dari ”r” yang diharapkan, maka sebaiknya saham tersebut dijual karena dinilai kurang cukup untuk menutupi risiko yang diterima atau memperoleh Excess return negatif. Sebaliknya, apabila suatu saham menawarkan ”r” lebih tinggi dari ”r” yang diharapkan, sebaiknya saham tersebut dibeli karena memperoleh Excess keuntungan positif. 
Baca juga: Pengertian pajak penghasilan menurut undang-undang.


D. Analisis Investasi Model-model Keseimbangan 

Penggunaan model-model keseimbangan adalah untuk menentukan hubungan antara risiko dengan return sekuritas. Tujuan model keseimbangan adalah untuk menilai suatu investasi melalui penentuan hubungan antara risiko dan return. Salah satu model keseimbangan adalah capital asset pricing model. Teori Capital Asset Pricing Model (CAPM) dapat diaplikasikan oleh investor dalam pengambilan keputusan investasinya.

Pada dasarnya Capital Asset Pricing Model merupakan hasil pengembangan teori ilmu keuangan modern untuk memprediksi hubungan antara risiko suatu aktiva dan keuntungan yang diharapkan. 

1. Garis pasar modal

Garis pasar modal atau capital market line merupakan gambaran tentang hubungan risiko dan return pada pasar yang seimbang untuk portofolio-portofolio yang efisien (Eduardus Tandelilin, 2010). Rumus yang digunakan sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.30.

 Secara grafis CML ditunjukkan pada Gambar dibawah ini.
    

Gambar garis pasar modal 
Sumber: Jogiyanto, 2008, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, p. 468.


2. Garis pasar sekuritas

Garis pasar sekuritas (GPS) atau security market line (SML) menunjukkan tradeoff antara risiko dan return ekspektasi untuk sekuritas individual (Jogiyanto, 2008). Rumus yang digunakan untuk menentukan Garis pasar sekuritas sebagaimana ditunjukkan pada Persamaan 10.31. 



 

Secara grafis Security Market Line atau Garis Pasar Sekuritas ditunjukkan pada gambar berikut.


    

Gambar Garis pasar sekuritas (security market line)
Sumber: Jogiyanto, 2008, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, p. 474.

Analisis penentuan keputusan investasi perusahaan, hasil penelitian analisis investasi di Indonesia menjelaskan sebagai berikut:

1. Bahri (2003) menyimpulkan: 

Bahwa faktor-faktor nilai tukar, tingkat suku bunga, jumlah uang beredar, dan tingkat inflasi secara signifikan berpengaruh terhadap indeks harga saham sektoral. 
2. Dhita Ayudia Wulandari (2009) menyimpulkan: 
(1) Kinerja manajemen kedua industri baik pertambangan maupun pertanian menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun yang ditandai dengan meningkatnya jumlah laba bersih, jumlah ekuitas, jumlah asset dan jumlah harga saham rata-rata bila dibandingkan dengan jumlah saham umum yang beredar, jumlah hutang, dan jumlah pajak per tahun. 
(2) Pada tahun 2004 hingga tahun 2008 terdapat beberapa saham yang selalu memiliki beta lebih dari 1 yaitu saham PTBA, APEX, LSIP, UNSP, BTEK.dan BUMI. 
(3) Pada industri pertambangan dan pertanian diperoleh Angka R Square adalah 1.00. Hal ini berarti 100% dari variasi harga saham bisa dijelaskan oleh variabel independen. 
(4) Pada industri pertambangan uji Anova atau F.test menunjukkan Fhitung dengan tingkat signifikansi 0.00, maka model regresi bisa dipakai untuk memprediksi harga saham. 
Baca juga: Cara membuat jurnal umum dan memposting ke buku besar.

Kesimpulan analisis penentuan keputusan investasi perusahaan: 
Saham merupakan alternatif investasi bagi investor dalam melakukan portofolio investasi investor. Banyak pertimbangan yang dipakai oleh investor untuk menentukan seberapa menariknya suatu saham. Sebagai investor yang rasional dalam melakukan transaksi, faktor return dan risiko saham merupakan komponen pertimbangan yang penting dalam melakukan investasi pada pasar modal. Para investor dihadapkan pada keinginan untuk memperoleh return yang optimal dengan memperhatikan faktor resiko yang  mereka hadapi. Investor berusaha untuk dapat memperoleh return saham yang maksimal dengan tingkat resiko tertentu atas investasi yang mereka lakukan atau memperoleh return tertentu pada tingkat resiko yang minimal.

Demikian pembahasan artikel mengenai analisis penentuan keputusan investasi perusahaan, semoga dengan pemahaman artikel ini anda semakin memahami tentang akuntansi untuk analisis penentuan keputusan investasi perusahaan. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermamfaat. 





Analisis Penentuan Keputusan Investasi Perusahaan Analisis Penentuan Keputusan Investasi Perusahaan Reviewed by Admin on 12 Maret Rating: 5