Pengertian Penghasilan Dan Pendapatan Secara Sederhana


Pengertian Penghasilan Dan Pendapatan Secara Sederhana


Dalam kehidupan sehari-hari pendapatan dan penghasilan sebenarnya lumrah digunakan oleh semua kalangan. Keduanya diartikan sama, bisa jadi gaji, upah, bahkan mungkin penjualan, keuntungan, komisi, bunga pinjaman, dll. Dalam istilah kamus bahasa Indonesia pendapatan adalah hasil kerja (usaha atau sebagainya). Sedangkan pendapatan dalam kamus manajemen adalah uang yang diterima oleh perorangan, perusahaan dan organisasi lain dalam bentuk upah, gaji, sewa, bunga, komisi, ongkos dan laba. 

Pendapatan seseorang juga dapat didefinisikan sebagai banyaknya penerimaan yang dinilai dengan satuan mata uang yang dapat dihasilkan seseorang atau suatu bangsa dalam periode tertentu. Dalam pengertian maupun dalam perlakuan ilmu akuntansi, pendapatan dan penghasilan memiliki arti yang sangat berbeda. Lalu menurut Akuntansi apa itu pendapatan dan apa itu penghasilan?

Pengertian pendapatan atau disebut juga revenue adalah pernyataan yang berhubungan dengan uang atau keuangan dari keseluruhan hasil usaha pokok produk atau jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu periode. Secara sederhana pendapatan merupakan jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan produk berupa barang atau jasa dari pelanggan dan tidak berasal dari penanaman modal.

Pengertian penghasilan atau disebut juga income adalah jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu yang telah kurangi dengan HPP (harga pokok penjualan), beban dan biaya-biaya lainnya. Penghasilan atau income lebih menitik beratkan pada pengertian pendapatan bersih atau net income. 


Perbedaan Pendapatan Dan Penghasilan

Dalam ilmu ekonomi masyarakat secara umum penghasilan diartikan sebagai pendapatan, namun dalam ilmu akuntansi pengertian penghasilan berbeda dengan pendapatan. Pada dasarnya penghasilan bisa diperoleh dari kelebihan pendapatan atas biaya-biaya yang tidak dapat digunakan lagi untuk mendatangkan keuntungan pendapatan di masa mendatang (expired cost). 

Dengan demikian penghasilan atau income dapat diartikan pendapatan bersih atau laba bersih dari hasil usaha setelah dikurangi beban biaya, sedangkan pendapatan/revenue dapat diartikan pendapatan kotor atau laba kotor dari usaha yang belum dikurangi beban dan biaya. Pendapatan/revenue sering disebut sebagai omzet penjualan.


Untuk memberi gambaran tentang pengertian pendapatan dan penghasilan dalam operasional perseorangan atau perusahaan, berikut contoh soal pendapatan dan penghasilan secara sederhana.

Contoh soal pendapatan dan penghasilan
perseorangan secara sederhana:
Aan menjual 10 kue seharga Rp1.000,00 per biji yang dibelinya dari pasar.
Jumlah kue yang dibeli Aan dari pasar adalah 10 biji, dengan harga Rp 500,00 per biji yaitu harga pokok penjualan, dan Biaya operasional penjualan Rp 1000,00

Pertanyaannya:
Berapakah pendapatan dan penghasilan Aan dari penjualan tersebut?

Penyelesaian:
Pendapatan Aan dari penjualan adalah 10 x Rp1.000,00= Rp10.000,00.
Penghasilan Aan dari penjualan kue hanya sebesar Rp 4.000 (laba/income) yang diperoleh dari total penjualan= 10.000 (10 x 1.000) dikurangi pokok penjualan= 5.000  (10 x 500) dikurangi biaya operasional= 1.000,00 atau 10.000,00 - (5.000,00+1000,00)= 4.000,00
 
Contoh soal pendapatan dan penghasilan perusahaan secara sederhana:

Pada tahun 2018 PT. Cendana memiliki usaha penjualan mebel, jumlah uang yang masuk kas dari hasil penjualan mebel adalah sebesar Rp.500.000.000,00. Namun PT. Cendana juga juga memperoleh penghasilan dari luar usaha penjualan mebel yaitu dari hasil menyewakan mobil pickup sebesar Rp.75.000.000,00.

Pertanyaannya:
Berapakah pendapatan dan penghasilan PT. Cendana tahun 2018?

Penyelesaian:
Pendapatan atau revenue dari PT. Cendana adalah Rp500.000.000,00 bukan Rp575.000.000. Karena 75.000.000 tidak termasuk operasional PT. Cendana.
Sedangkan penghasilan atau income PT. Cendana bukan Rp. 500.000.000 karena masih dikurangi biaya produksi, upah kerja, dan lain sebagainya.
 


Demikian pembahasan artikel mengenai pengertian penghasilan dan pendapatan secara sederhana, semoga dengan pemahaman artikel ini anda semakin memahami tentang akuntansi untuk pengertian penghasilan dan pendapatan secara sederhana. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermamfaat. 

Pengertian Penghasilan Dan Pendapatan Secara Sederhana Pengertian Penghasilan Dan Pendapatan Secara Sederhana Reviewed by Admin on 07 Juli Rating: 5