25 Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas

25 Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas

25 Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas

Topik pembahasan kita saat ini adalah 25 cara mengatur keuangan secara cerdas - Keluarga yang mapan merupakan impian dari banyak orang, bahwa keluarga yang mapan adalah keluarga yang mau meluangkan waktu untuk membuat sebuah perencanaan keuangan dengan baik. Perencanaan keuangan adalah proses merencanakan keuangan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan jangka pendek dan keuangan jangka panjang. Pencapaian tujuan tersebut ada yang dalam bentuk menabung, melakukan investasi, melakukan budgeting, atau mengatur komposisi harta yang dimiliki saat ini. Berbicara mengenai perencanaan keuangan berarti kita bicara mengenai banyak aspek yang berkaitan dengan pengelolaan uang. Secara umum ada beberapa poin yang menjadi inti dari topik, dimana masing-masing poin memiliki peran tersendiri dan saling bekerjasama dalam membuat sebuah perencanaan yang baik. Berikut ini pembahasan 25 cara mengatur keuangan secara cerdas. 


Cara mengatur keuangan pribadi secara cerdas 

25 Cara mengatur keuangan secara cerdas, sebesar apapun penghasilan anda bila tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan uang anda hilang tanpa bekas, untuk itu diperlukan satu kebijakan dalam pengelolaannya.
Berikut 10 cara
mengatur keuangan pribadi secara cerdas yang bisa dipraktekkan tentang pengelolaan keuangan pribadi:

1. Tetapkan tujuan keuangan 
Salah satu kebiasaan orang yang efektif adalah memulai dari akhir. Kebiasaan ini juga kita terapkan dalam merencanakan keuangan kita. Sejak tahap pertama anda sudah harus menentukan, apa tujuan terakhir yang anda inginkan dari uang yang anda miliki. Mengapa harus ada tujuan, apa gak lebih enak biarkan mengalir saja mengikuti arus? Dengan menetapkan tujuan keuangan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Hal itu juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan pendapatan. 
Baca juga: Penjelasan jenis-jenis akuntansi.

2. Buat rencana pengeluaran
Sebuah rencana anggaran adalah rencana untuk pendapatan dan pengeluaran anda di masa depan yang bisa digunakan sebagai panduan untuk menyisihkan uang dan pembelanjaan. Kebanyakan dari kita memiliki pengeluaran lebih banyak dari pendapatan. Kunci dari hidup sesuai kemampuan adalah mengetahui berapa pendapatan dan pengeluaran kita. Sebuah rencana anggaran bulanan yang baik bisa membantu anda memastikan bahwa anda membayar semua tagihan tepat waktu, anda memiliki cukup dana untuk membiayai hal-hal yang tidak terduga, juga untuk mencapai tujuan keuangan anda. Anda sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing.

3. Tahan diri terhadap godaan tawaran penjualan 

Cara mengatur keuangan secara cerdas, tahan diri terhadap godaan tawaran penjualan. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen. Tapi jika kita mengetahui trik mereka tersebut, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut. Hal yang lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut.

4. Lacak pengeluaran pribadi 

Cara mengatur keuangan secara cerdas, lacak pengeluaran pribadi. Kemampuan mengelola keuangan pribadi akan menjadi titik balik kesuksesan anda di masa depan. Manajemen keuangan yang baik bahkan dapat menghindarkan anda dari utang dan kehabisan uang setiap akhir bulan. Melacak setiap pengeluaran anda dapat menyaring pengeluaran yang tidak perlu, seperti makanan restoran dan biaya jalan-jalan dan biaya lain-lain. 

5. Mencari produk serupa yang menawarkan harga lebih murah
Jika Anda merasa memang perlu untuk berbelanja, ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan sebelum berbelanja:
a. Mempertimbangkan ulang perlu/tidaknya anda untuk membeli barang tersebut.
b. Ingat lagi apakah barang tersebut memang benar-benar diperlukan, atau dapat menunjang sumber pemasukkan anda atau tidak.
c. Metode pembayaran yang akan digunakan tunai atau kredit. Jika menggunakan pinjaman, apakah anda akan mampu melunasi cicilan tersebut di kemudian hari.
d. Jika ketika ingin membeli satu produk dan melihat harga yang lebih rendah tercantum di tempat lain, jangan ragu untuk pindah ke toko tersebut.
 

6. Lakukan riset online sebelum mengunjungi toko
Belanja online kini makin diminati, belanja secara daring membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan memiliki kontrol terhadap apa yang akan dibeli. Kita juga bisa membandingkan spesifikasi barang yang akan dibeli sebelum akhirnya mengambil keputusan. Situs review produk, dan gudang diskon online memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana untuk menemukan penawaran terbaik.

7. Cari pendapatan lebih dari satu sumber
Menambah penghasilan bukan hanya meminta kenaikan gaji pada atasan, atau mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan. Itu memang bisa dilakukan, tapi tidak selalu berhasil pada setiap orang. Kalau menambah penghasilan dari sumber yang sudah ada sekarang dirasa sulit, maka mau tidak mau anda harus mencari sumber pemasukan yang lain sebagai tambahan. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang. 


8. Mulai bisnis sendiri
Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi anda untuk menghasilkan uang. Banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi anda untuk menghasilkan uang. Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses besar. 


9. Negosiasikan gaji kembali
Banyak juga yang merasa tidak nyaman untuk melakukan negosiasi. Persoalan gaji sering dianggap sebagai ranah yang tabu sekaligus tidak tabu, yang jelas anda enggan membicarakannya. Asalkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan, tidak ada lagi masalah yang perlu dibicarakan. Namun kadang meminta kenaikan gaji dapat menjadi langkah yang lebih cerdas. Jika Anda baru saja berganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari dibayar rendah dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain, sudah saatnya untuk duduk dengan atasan dan meminta kenaikan gaji. 


10. Jangan menghindar dari utang
Menghindar, bukan cara terbaik mengatasi utang. Tidak ada jalan pintas untuk mengatasinya, menghadapinya dengan kepala tegak atau kalah dalam pertempuran. Dibutuhkan keberanian, komitmen dan tekad termasuk pengorbanan besar untuk hidup hemat dan sederhana untuk mengatasi pertempuran ini. Jadi, ketika anda menyelesaikan utang, anda membuang yang lama dan membuat jalan yang baru. Yakni saat utang Anda mulai berkurang, anda ada peluang baru dengan banyak kejutan yang fantastis. Cara-cara tersebut akan mulai mengubah cara anda berpikir, bereaksi kepada kreditur dan bersikap untuk membayar utang sesuai komitmen. 

Baca juga: Pengertian depresiasi dan contoh soal.

Disamping 10 cara diatas berikut ini tips tambahan 15 tips cara mengelola keuangan usaha yang inspiratif yang juga bisa anda terapakan dalam usaha anda.
 

15 Tips Cara Mengelola Keuangan Usaha Yang Inspiratif

11. Saat sedang memulai usaha dari bawah jangan terlalu cepat mengkonversi hasil usaha ke dalam aset-aset real, perbanyaklah barang dagangan, dan fokuslah akan pengembangan usaha anda.

12. Prioritas utama adalah memperbesar cashflow, jangan hidup karena butuh pengakuan oranhg lain, misalnya biar di bilang keren beli mobil terbaru padahal itu tidak diperlukan untuk pengembangan usaha. Hindari bergaya hidup mewah sebelum waktunya untuk hidup mewah.

13. Bisnis itu adalah peternakan uang, yang artinya bila anda mampu menjalankan usaha untuk selanjutnya mengembangkannya menjadi usaha kedua, ketiga dan seterusnya. Uanglah yang bekerja untuk anda, bukan anda yang bekerja mencari uang.

14. Jika anda mengelola bisnis dengan baik dan sudah berjalan, seiring dengan waktu disanalah anda akan melihat proses pembelajaran untuk lebih baik. 


15. Bisnis adalah melayani, pelayanan, serta berbagi, sehingga orang lain rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan produk anda. Karena produk anda memang berguna bagi kehidupan banyak orang.
 

16. Kekuatan finansial yang tidak di dukung dengan keputusan yang jernih, serta support sumber daya manusia serta management yang baik akan merusak dan menyusutkan modal.
 

17. Sebaiknya uang tidak di simpan di bank sebagai investasi kecuali hanya untuk keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi untuk kemajuan usaha.

18. Kekuatan dunia usaha sangat berpengaruh terhadap taraf hidup masyarakat di sekitar anda.  Dengan kata lain bila anda mampu memajukan usaha anda, berarti anda telah membawa kemajuan untuk lingkungan anda.

19. Fokuslah pada pengembangan usaha, jangan buang-buang energi anda hanya untuk melihat seberapa besar kekuatan dari pesaing anda. 


20. Semua jenis usaha dalam dunia usaha bila di tekuni dengan benar dengan syarat pantang menyerah, kelak akan mendatangkan mamfaat.

21. Jangan terlalu memaksakan diri untuk sama persis dengan kompetitor anda, karena semua ada jalan dan gaya masing-masing. Sebaiknya anda menciptakan skor anda sendiri yang cocok dengan kepribadian anda.

22. Kesuksesan anda akan membawa dampak bagi kesuksesan orang lain dan berpikirlah secara positif. Karena hal positif akan menarik hal positif lainnya di sekitar anda. 
 

23. Usaha ataupun dagang yang hebat adalah usaha yang mampu bertahan dari waktu ke waktu dan mengalami kemajuan dan peningkatan usaha.
 

24. Anda terkendala dengan modal untuk pengembangan usaha? Anda bisa melakukan kerjasama dengan orang lain yang saling menguntungkan dan semuanya itu melalui tahapan, proses tahap demi tahap.
 

25. Jangan meniru gaya bisnis kongmelerat yang langsung mengkucurkan dana besar-besaran, karena kemungkinan itu adalah bisnis mereka yang ke 10, dan sudah di perhitungkan oleh risk management. 

Kesimpulan 25 cara mengatur keuangan secara cerdas:
Memahami cara mengatur keuangan pribadi adalah salah satu hal yang harus dilaksanakan untuk menghindari pembengkakan dan juga pemborosan. Hal ini juga dimaksudkan agar kita hidup lebih hemat dan terencana dan cara mengatur keuangan secara cerdas dapat anda mulai dari yang paling dasar yaitu mengelola arus kas. Setelah itu baru membuat rencana-rencana keuangan selanjutnya.
 
Baca juga: Pemimpin dan manajemen kepemimpinan.

Demikian pembahasan artikel mengenai 25 cara mengatur keuangan secara cerdas, semoga dengan pemahaman artikel ini anda semakin memahami tentang 25 cara mengatur keuangan secara cerdas. Terimakasih atas kunjungannya di blog ini dan semoga bermamfaat.

25 Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas 25 Cara Mengatur Keuangan Secara Cerdas Reviewed by Admin on 07 April Rating: 5