Laporan Keuangan Konsolidasi Perolehan Perusahaan Induk Dan Anak - Makalah Akuntansi

Konsolidasi

Laporan Keuangan Konsolidasi Perolehan Perusahaan Induk Dan Anak Makalah Akuntansi

Pengertian laporan keuangan konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk induk perusahaan ( entitas pengendali ) dan satu atau lebih anak perusahaan ( entitas yang dikendalikan ) seakan akan entitas entitas individual perusahaan tersebut merupakan satu entitas atau perusahaan satu perusahaan.

Laporan konsolidasi menggambarkan kesatuan perusahaan induk dan anak-anak perusahaan yang dalam operasi sehari-harinya perusahaan-perusahaan tersebut adalah entitas-entitas yang terpisah. Pengendalian perusahaan induk atas anak menyebabkan dalam banyak hal operasi anak dipengaruhi oleh induk, dengan demikian akan banyak terjadi transaksi antara induk dan anak.

Dalam pembahasan ini, setiap transaksi yang dilakukan induk pada anak atau sebaliknya, atau transaksi yang dilakukan satu anak dengan anak lain dalam hubungan induk-anak disebut dengan transaksi antar perusahaan. Transaksi ini menimbulkan keterkaitan akun-akun dalam laporan keuangan induk dan anak. Transaksi ini tidak dipandang sebagai dalam penyusunan laporan konsolidasi. Laporan konsolidasi memandang induk dan anak adalah satu sehingga bila induk melakukan transaksi dengan anak, hal itu berarti transaksi dengan diri sendiri.

Laporan keuangan konsolidasi perolehan perusahaan induk dan anak makalah akuntansi - Transaksi antar perusahaan merupakan transaksi internal dari sudut pandang konsolidasi. Apabila induk melakukan penjualan aset pada anak misalnya, dengan sudut pandang konsolidasi hal itu sama artinya dengan induk menjual aset pada diri sendiri sebab anak dan induk adalah satu dalam laporan konsolidasi. Laporan keuangan konsolidasi tidak mengakui transaksi-transaksi seperti ini dan menganggap penjualan tersebut semata-mata sebagai pemindahan aset saja, dan oleh karena itu dalam penyusunan kertas kerja konsolidasi transaksi-transaksi seperti ini harus dieliminasi.

Kewajiban penyusunan laporan keuangan konsolidasi muncul sejak terjadinya hubungan induk-anak. Laporan keuangan konsolidasi terdiri dari: neraca konsolidasi, laporan laba rugi konsolidasi, laporan laba ditahan konsolidasi dan arus kas konsolidasi. Pada tanggal akuisisi, hanya neraca konsolidasilah yang dapat disusun, sebab laba/rugi anak menjadi hak induk pada periode setelah akuisisi. Laporan laba/rugi dan laporan konsolidasi anak lainnya dikonsolidasi dengan induk satu periode setelah akuisisi.


Tujuan laporan keuangan konsolidasi

Tujuan laporan keuangan konsolidasi adalah agar dapat memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan ( economy entity ) yang terdiri dari sejumlah perusahaan yang berhubungan istimewa, dimana laporan konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan harus di dasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi.

 
Perusahaan Induk dan Anak

Menguasai perusahaan lain dapat dilakukan dengan cara memiliki suara mayoritas suatu perusahaan. penguasa surat mayoritas terjadi apabila perusahaan memiliki lebih dari 50% saham perusahaan lain. perusahaan yang memiliki lebih dari 50% perusahaan lain disebut perusahaan induk, sedangkan perusahaan yang sebagian besar saham nya dimiliki oleh perusahaan induk di sebut perusahaan anak.

Perusahaan Induk:
Perusahaan induk terjadi karena memiliki sebagian besar (50%) atau seluruh modal saham dari perusahaan lain, sehingga berhak mengendalikan operasi dan manajemen perusahaan lain.

Holding Company:
Holding Company adalah perusahaan yang didirikan dengan tujuan khusus untuk memiliki saham-saham dan mengendalikan perusahaan lain. Pendapatannya dari deviden saham yang di miliki, sedang biaya operasi semuanya berupa biaya administrasi 

Perusahaan Anak:
Perusahaan yang manajemen dan operasinya dikendalikan oleh perusahaan induk/holding. Hubungan antara perusahaan induk dan anak disebut hubungan afiliasi.

Controlling interst adalah perusahaan yang memiliki sebagian besar dari atau seluruh modal saham perusahaan anak. Whollu Owned Subsidiary adalah controlling interst yang memiliki seluruh modal saham perusahaan afiliasi. Minority interest adalah perusahaan yang memiliki sebagian kecil modal saham.


Pencatatan investasi pada perusahaan anak

Cara pencatatan investasi pada perusahaan anak yaitu:
  1. Sebuah perusahaan dapat memperoleh saham peruaahaan lain lewat pembelian per kas, lewat penukaran dengan surat surat berharga itu sendiri. 
  2. Sebuah perkiraan investasi dibebani sebesar harga pokok saham yang diperoleh. 
  3. Apabila pembayarannya dilakukan per kas, maka perkiraan investasi ini didebet sebesar jumlah yang dibayarkan. 
  4. Apabila aktiva lain diberikan dalam penukaran, maka investasi ini harus dicatat dengan nilai wajar aktiva yang diserahkan. 
  5. Apabila surat surat berharga sendiri di sebuah perusahaan diterbitkan dalam penukarannya dengan saham yang diperoleh, maka investasi ini harus dicatat dengan nilai wajar surat-surat berharga yang di serahkan dalam penukaran atau dengan nilai wajar saham yang diperoleh, yang terbukti jelas. 
  6. Investasi dalam saham perusahaan anak dilaporkan dengan judul investasi dalam neraca perusahaan anak.


Sifat laporan keuangan yang dikonsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi adalah model laporan akuntansi untuk menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan dua atau lebih perusahaan yang tersendiri, yang di dasarkan atas pemilikan dan pengendalian bersama meskipun peleburan secara hukum tidak berlaku.

Dalam menyusun neraca konsolidasi untuk perusahaan induk dan anak, perusahaan ini di pandang seakan akan sebagai cabang. Aktiva kewajiban masing-masing perusahaan anak digabungkan dengan aktiva dan kewajiban perusahaan induk. Pos-pos silang yang mempunyai arti penting apabila kesatuan usaha bersangkutan dipandang sebagai kesatuan usaha tunggal harus di hapusakan.


Penyusunan laporan konsolidasi

Prosedur penyusunannya sama dengan penyusunan laporan gabungan kantor pusat dan cabangnya.
Aktiva dan hutang dari perusahaan anak digabungkan dengan aktiva dan hutang perusahaan induk,  sesuai kelompok masing-masing aktiva hutang yang bersangkutan.
Pos-pos yang sifatnya timbal balik, akibat transaksi antar keduanya dieliminasi. 


Masalah Dalam Konsolidasi

Masalah-masalah umum yang dihadapi dalam penyusunan laporan konsolidasi:
  • Periode dimana laporan/neraca konsolidasi tersebut di susun. Misalnya penyusunan neraca konsolidasi sesaat setelah terjadi pemilikin saham-saham, berbeda dengan neraca konsolidasi yang di susun satu tahun (periode) kemudian berhubung telah terjadinyan perubahan-perubahan di dalam pos-pos neraca. 
  • Jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan induk dan harga perolehannya (pengorbanan) yang telah dikeluarkan untuk memperoleh saham tersebut, misalnya penyusunan neraca konsolidasi dimana saham-saham di beli dengan harga di atas nilai bukunya berbeda dengan penyusunan neraca konsolidasi apabila saham-saham diperoleh dengan harga yang sama dan kurang dari nilai bukunya.

Pemilikan Saham Nilai Buku

Nilai buku adalah nilai asset yang tersisa setelah dikurangi kewajiban perusahaan jika dibagikan. nilai buku hanya mencerminkan berapa besar jaminan atau seberapa besar aktiva bersih untuk saham yang dimiliki investor.


Ruang Lingkup Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi perolehan perusahaan induk dan anak makalah akuntansi - Suatu induk perusahaan yang memiliki baik langsung maupun tidak langsung melalui anak perusahaan lebih dari 50% saham berhak suara pada perusahaan lain, harus menyajikan laporan keuangan konsolidasi. Suatu perusahaan yang memiliki 50% atau kurang saham berhak suara pada perusahaan lain, wajib menyusun laporan keuangan konsolidasi apabila dapat dibuktikan bahwa pengendalian tetap ada. Laporan keuangan konsolidasi harus mengkonsolidasikan seluruh anak perusahaan baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Anak perusahaan tidak dikonsolidasikan apabila:
  • Pengendalian pada anak perusahaan bersifat sementara karena anak perusahaan khusus diakuisisi dengan tujuan untuk dijual kembali atau dialihkan dalam jangka pendek. 
  • Anak perusahaan dibatasi oleh suatu restriksi jangka panjang sehingga tidak mampu mengalihkan dananya kepada induk perusahaan.
Penyertaan induk perusahaan pada anak perusahaan yang memenuhi salah satu kriteria di atas harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan PSAK No.13 tentang Akuntansi untuk Investasi.


Prosedur Konsolidasi

Langkah - langkah yang perlu dilakukan agar laporan keuangan konsolidasi dapat menyajikan informasi keuangan, yaitu:
1. Transaksi dan saldo resiprokal antara induk perusahaan dan anak perusahaan harus dieliminasi.
2. Keuntungan dan kerugian yang belum direalisasi, yang timbul dari transaksi antara induk perusahaan dan anak perusahaan, harus dieliminasi.
3. Untuk tujuan konsolidasi, tanggal pelaporan keuangan anak perusahaan pada dasarnya harus sama dengan tanggal pelaporan keuangan perusahaan induk. Apabila tanggal pelaporan tersebut berbeda maka laporan keuangan anak perusahaan dengan tanggal pelaporan yang berbeda tersebut dapat digunakan untuk tujuan konsolidasi sepanjang:
  • Perbedaan tanggal pelaporan tersebut tidak lebih dari 3(tiga) bulan. 
  • Peristiwa atau transaksi material yang terjadi di antara tanggal pelaporan tersebut diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan konsolidasi. Apabila laporan keuangan dengan tanggal pelaporan yang berbeda (yang lebih dari 3 bulan) digunakan untuk tujuan konsolidasi, maka penyesuaian yang diperlukan harus dilakukan untuk pengaruh dari setiap peristiwa atau transaksi antar perusahaan yang signifikan, yang terjadi antara tanggal pelaporan yang berbeda tersebut.
4. Laporan keuangan konsolidasi disusun dengan menggunakan kebijakan akuntansi yang sama untuk transaksi, peristiwa dan keadaan yang sama atau sejenis. Apabila tidak mungkin digunakan kebijakan akuntansi yang sama dalam menyusun laporan keuangan konsolidasi, maka harus diungkapkan penggunaan kebijakan akuntansi yang berbeda tersebut dan proporsi unsur yang terkait dengan kebijakan akuntansi tersebut terhadap unsur sejenis dalam laporan keuangan konsolidasi.
5. Hak minoritas (minority interest) harus disajikan tersendiri dalam neraca konsolidasi antara kewajiban dan modal. Hak minoritas dalam laba disajikan tersendiri dalam laporan laba rugi konsolidasi.

Investasi pada anak perusahaan harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan PSAK No.13 tentang Akuntansi untuk Investasi, terhitung sejak investasi tersebut tidak memenuhi persyaratan sebagai anak perusahaan dan juga bukan perusahaan asosiasi berdasarkan PSAK No. 15 tentang Akuntansi untuk Investasi pada Perusahaan Asosiasi.


Penyajian Tersendiri Laporan Keuangan Induk Perusahaan

Induk perusahaan yang memenuhi kriteria konsolidasi, tidak boleh menyajikan tersendiri laporan keuangannya (tanpa konsolidasi) sebagai laporan keuangan untuk tujuan pelaporan keuangan (general purpose financial statement). Laporan keuangan tersendiri induk perusahaan hanya dapat disajikan sebagai informasi tambahan dalam laporan keuangan konsolidasi. Dalam laporan keuangan tersendiri tersebut penyertaan pada anak perusahaan harus menggunakan metode ekuitas.

Pengungkapan berikut harus disajikan dalam catatan atas laporan keuangan konsolidasi:
  • Daftar anak perusahaan (yang signifikan), yang antara lain mencakup: nama anak perusahaan, tempat domisili, bidang usaha dan persentase pemilikan dan persentase hak suara (apabila berbeda dengan persentase pemilikan). 
  • Alasan untuk tidak mengkonsolidasikan anak perusahaan, sebagaimana diatur pada paragraf 20. 
  • Sifat hubungan antara induk perusahaan dan anak perusahaan yang menyebabkan induk perusahaan dapat melakukan pengendalian terhadap anak perusahaan meskipun hak suara induk perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung, 50% atau kurang. 
  • Pengaruh dari akuisisi dan penjualan atau pengalihan penyertaan pada anak perusahaan terhadap posisi keuangan dan hasil usaha konsolidasi tahun berjalan dan tahun sebelumnya.

Demikian pembahasan artikel mengenai laporan keuangan konsolidasi perolehan perusahaan induk dan anak makalah akuntansi, semoga dengan pemahaman artikel ini anda semakin memahami tentang akuntansi untuk laporan keuangan konsolidasi perolehan perusahaan induk dan anak makalah akuntansi. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermamfaat.


Laporan Keuangan Konsolidasi Perolehan Perusahaan Induk Dan Anak - Makalah Akuntansi Laporan Keuangan Konsolidasi Perolehan Perusahaan Induk Dan Anak - Makalah Akuntansi Reviewed by Admin on 24 Januari Rating: 5