Langkah Langkah Menyusun Neraca Lajur Akuntansi

Langkah-langkah menyusun neraca lajur


Langkah Langkah Menyusun Neraca Lajur Akuntansi

Langkah-langkah menyusun neraca lajur akuntansi - Pengertian Neraca lajur adalah suatu kertas yang berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data-data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan dengan cara sistematis.

Neraca lajur sangat bermanfaat untuk memeriksa data yang akan disajikan dalam laporan keuangan. Dalam neraca lajur, saldo akun-akun buku besar disesuaikan, diseimbangkan dan disusun menurut cara-cara yang sesuai dengan penyusunan akun-akun dalam laporan keuangan.

Neraca lajur bukan laporan keuangan, oleh karena itu neraca lajur tidak perlu dipublikasikan pada pihak luar. Neraca lajur tidak dapat menggantikan kedudukan catatan-catatan akuntansi atau laporan-laporan keuangan, melainkan semata-mata hanya merupakan alat pembantu untuk menyusun laporan keuangan.

Tujuan pembuatan neraca lajur:
  • Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan 
  • Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuanganyang formal. 
  • Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam  membuat jurnal penyesuaian. 
Penyusunan neraca lajur merupakan kelanjutan dari pembuatan kertas kerja untuk menentukan neraca saldo setelah disesuaikan. Data neraca saldo setelah disesuaikan selanjutnya dipisahkan menjadi dua golongan,yaitu data yang akan dicantumkan dalam neraca dan data yang akan dicantumkan dalam laporan laba-rugi. Pembuatan neraca lajur diakhiri dengan menentukan saldo laba atau rugi yang akan menjadi penyeimbang neraca lajur.

Bagi anda yang yang belum tau langkah-langkah menyusun neraca lajur tentu bertanya-tanya, bagaimana caranya menyusun neraca lajur. Bagi anda yang sudah tau ataupun sudah menguasainya tentunya tidak lagi membutuhkan penjelasannya. Jika anda seorang pelajar atau seseorang yang ingin menyusun neraca lajur berikut ini langkah-langkah yang bisa anda tempuh untuk menyusun neraca lajur, yaitu:

1. Mengisi kolom neraca saldo berdasarkan saldo terakhir di akun-akun buku besar.
2. Mengisi kolom penyesuaian berdasarkan jurnal penyesuaian apabila nama akun yang harus disesuaikan belum ada di neraca saldo, buatlah akun-akun baru dan tuliskan di bawah akun-akun yang telah ada.
3. Mengisi kolom neraca saldo setelah disesuaikan adalah dengan membuat selisih antara neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Jika saldonya berlawanan (debet-kredit) dibuat selisihnya/menjumlahkan antara neraca saldo dan penyesuaian jika saldonya sama (debet-debet).
4. Memindahkan jumlah saldo pada akun dan neraca saldo setelah disesuaikan ke kolom laba/rugi untuk akun-akun nominal (pendapatan dan beban).
5. Menambahkan jumlah saldo pada akun-akun di neraca saldo setelah disesuaikan ke kolom neraca untuk akun-akun riil (aktiva, utang dan ekuitas).
6. Menjumlahkan angka-angka pada kolom laba/rugi kemudian menuliskan selisih antara debet (beban) dan kredit (pendapatan) diisi jumlah yang lebih kecil, sehingga jumlah debet dan kredit menjadi seimbang.
7. Jika jumlah debet lebih besar daripada jumlah kredit (pada kolom Laba/Rugi) selisihnya ditulis di kredit dengan nama Rugi bersih, karena jumlah pendapatan lebih kecil daripada jumlah beban.
8. Jika jumlah kredit lebih besar daripada jumla debet (pada kolom Laba/Rugi) selisihnya ditulis di debet dengan nama Laba bersih, karena jumlah pendapatan lebih besar daripada jumlah beban.
9. Memindahkan Laba bersih/ Rugi bersih ke kolom neraca pada sisi yang berlawanan.
10. Menjumlahkan kolom sehingga debet dan kredit menjadi seimbang. Kemudian seluruh hasil penjumlahan yang ada di neraca lajur di beri tanda garis-garis.

Demikianlah langkah-langkah mengisi neraca lajur yang bisa kami berikan, terimakasih atas kunjungannya semoga bermamfaat bagi anda.
Langkah Langkah Menyusun Neraca Lajur Akuntansi Langkah Langkah Menyusun Neraca Lajur Akuntansi Reviewed by Admin on 16 Desember Rating: 5