Neraca Lajur Dan Soal Latihan

Neraca Lajur Dan Soal Latihan 
Neraca Lajur Dan Soal Latihan

Neraca lajur dan soal latihan, Neraca lajur adalah suatu kertas berkolom-kolom (berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan keuangan dengan cara yang sistematis. Sebenarnya neraca lajur lebih tepat disebut sebagai kertas kerja yang digunakan sebagai alat pembantu dalam menyusun laporan-laporan keuangan. Neraca lajur tidak merupakan bagian dari catatan-catatan akuntansi yang formal. Oleh karena sifatnya tidak formal, maka penyusunannya dapat juga dilakukan dengan menggunakan pensil, sehingga lebih mudah dikoreksi apabila terjadi kesalahan.

Neraca lajur sangat bermanfaat untuk memeriksa data yang akan sajikan dalam laporan keuangan. Dalam neraca lajur, saldo rekening-rekening buku besar disesuaikan, diseimbangkan dan disusun menurut cara-cara yang sesuai dengan penyusunan rekening-rekening dalam laporan keuangan. Pemakaian neraca lajur juga dapat menunjukkan bahwa prosedur-prosedur yang perlu dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan seluruhnya.

Neraca lajur bukan laporan keuangan. Oleh karena itu neraca laji tidak perlu diberikan pada pihak luar. Perlu disadari pula bahwa neraca laji tidak dapat menggantikan kedudukan catatan-catatan akuntansi atau laporar laporan keuangan, melainkan semata-mata hanya merupakan alat pembanu untuk menyusun laporan keuangan.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan pembuatan neraca lajur adalah:
  1. Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. 
  2. Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum disusun la­poran keuangan yang formal. 
  3. Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.
Prosedur dalam menyusun neraca lajur adalah:
  1. Masukkan saldo-saldo rekening buku besar ke dalam kolom neraca saldo pada formulir neraca lajur. 
  2. Masukkan ayat-ayat jurnal penyesuaian ke dalam kolom penyesuaian 
  3. Mengisi kolom-kolom neraca saldo setelah disesuaikan 
  4. Memindahkan jumlah-jumlah di dalam kolom-kolom neraca saldo setelah disesuaikan ke dalam kolom-kolom  rugi dan laba atau kolom-kolom neraca 
  5. Menjumlahkan kolom-kolom rugi-laba dan kolom-kolom neraca, memasukkan angkan laba bersih atau  rugi bersih sebagai angka  pengimbang ke dalam kedua pasang kolom di atas dan sekali lagi menjumlahlkan kolom-kolom tersebut.
Soal No 1 
Diminta: Buatlah neraca lajur 10 kolom dan susunlah laporan keuangan yang mencakup laporan rugi-laba, laporan perubahan modal, dan neraca.

Perusahaan “MELATI “ Advertising  mempunyai neraca saldo yang dibuat pada tanggal 30 September 2005  sebagai berikut:





Informasi untuk penyesuaian: 

a. Sewa dibayar di muka sebesar Rp 140.000,00 adalah untuk jangka waktu 4 bulan terhitung mulai 1 Agustus.

b. Dari perhitungan fisik terhadap persediaan perlengkapan menunjukkan bahwa persediaan perlengkapan yang ada pada tanggal 30 September 2005 berjumlah Rp14.500,00.
c. Depresiasi peralatan kantor untuk tahun 2005 adalah Rp 58.000,00
d. Bunga yang terutang pada tanggal 30 September 2005 berjumlah Rp 53.500,00.



Soal No 2 
Diminta: Buatlah neraca lajur 10 kolom dan susunlah laporan keuangan yang mencakup laporan rugi-laba, laporan perubahan modal, dan neraca.

Perusahaan Jasa Pertamanan mempunyai neraca saldo yang dibuat pada tanggal 30 Juni 2005  sebagai berikut:







Informasi untuk penyesuaian: 

a. Peralatan kantor akan dipakai selama 3 tahun.

Depresiasi peralatan kantor untuk bulan Desember 2005 adalah Rp 35.000,00
b. Belum dibayar  biaya gaji  bulan Juni 2005 sebesar   Rp 434.000,00
c. Biaya bunga bank bulan Juni 2005 belum dibayar dengan  biaya bunga 12% setahun.
d. Perlengkapan yang ada pada tanggal 30 Juni 2005 tinggal Rp 235.000,00. Jumlah yang terpakai untuk kegiatan usaha selama bulan Juni 2008 sebesar  Rp 35.000,00


Demikianlah pembahasan mengenai neraca lajur dan soal latihan, semoga bermamfaat.
Neraca Lajur Dan Soal Latihan Neraca Lajur Dan Soal Latihan Reviewed by Admin on 16 Desember Rating: 5